Selasa, 10 Oktober 2023

Sebanyak 687 Warga Palestina Telah Terbunuh pada hari Ketiga Agresi Israel di Jalur Gaza

Siaran Pers yang Dikeluarkan Kementerian Kesehatan Jalur Gaza 9 Oktober 2023

Pada hari ketiga agresi Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, Kementerian Kesehatan menyatakan keprihatinannya yang mendalam terhadap berlanjutnya eskalasi Israel dan serangan langsung terhadap fasilitas medis dan warga sipil yang tidak bersalah. Rencana darurat Kementerian Kesehatan telah diterapkan. Semua fasilitas kesehatan berfungsi untuk merespons mereka yang terluka akibat agresi Israel. 

Menurut Pusat Informasi Kesehatan Palestina (PHIC) pada 7 Oktober, terdapat 687 orang tewas, termasuk 140 anak-anak, dan 105 wanita, sedangkan 3.726 orang terluka, 10% yang terluka adalah anak-anak. Sejak awal eskalasi yang sedang berlangsung telah terjadi 13 keluarga yang dibantai, dan sebagian besar dari mereka masih berada di bawah reruntuhan. 

Sebelum tanggal 7 Oktober, Gaza menderita kekurangan obat-obatan penting, peralatan medis sekali pakai, dan bahan bakar akibat blokade Israel.Agresi Israel semakin memperburuk situasi ini. Terus terjadi kekurangan listrik untuk menjalankan sistem layanan kesehatan. Hal ini mengancam kehidupan semua orang yang sakit dan terluka. Pendudukan Israel memperluas lingkaran sasaran terhadap personel medis, fasilitas kesehatan, dan ambulans, yang menyebabkan terbunuhnya 5 personel kesehatan dan melukai 10 lainnya. 

Tujuh rumah sakit dan pusat kesehatan menjadi sasaran, dan sebagian besar rumah sakit dan pusat kesehatan mengalami kerusakan langsung. Pendudukan Israel membuat Rumah Sakit Beit Hanoun (satu-satunya di kota itu) tidak dapat beroperasi karena adanya penargetan yang berulang-ulang di sekitar rumah sakit, yang menyebabkan penangguhan layanannya. 

Pendudukan Israel dengan sengaja menargetkan ambulans, karena pendudukan menargetkan 11 ambulans dan salah satu kendaraan layanan kesehatan dihancurkan, dan membuat mereka tidak dapat beroperasi. Kementerian Kesehatan menyerukan kepada komunitas internasional untuk mendukung kebutuhan darurat akan obat-obatan penting, produk medis sekali pakai, bahan bakar, dan generator berkapasitas tinggi, dalam menghadapi kekurangan listrik dan kekurangan medis yang terus berlanjut.

Kementerian Kesehatan-Jalur Gaza
Senin, 9/10/2023 20.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar