Sabtu, 11 Februari 2023

BSMI Kirim Tim Relawan Menyalurkan Bantuan untuk Korban Gempa Turki

Jakarta -- Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) bersiap mengirim tim aju ke Turki untuk menyalurkan sekaligus memetakan bantuan bagi korban dahsyat M 7,7 di Turki Selatan dan sebagian Suriah. 

Ketua Umum DPN BSMI M Djazuli Ambari mengatakan, BSMI telah berkoordinasi dengan mitra lokal dan sudah mendapatkan list kebutuhan mendesak saat ini bagi korban dan juga penyintas gempa Turki. 

Ia menyebut list kebutuhan mendesak bagi warga Turki saat ini adalah tenda untuk pengungsian, penghangat, selimut dan jaket musim dingin, makanan bernutrisi dan air minum. 

Terlebih saat ini adalah musim dingin yang menambah derita bagi korban gempa dengan tingkat kehancuran yang dahsyat.

"Langkah selanjutnya BSMI adalah berkoordinasi dengan Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI untuk koordinasi pengiriman relawan bersama menuju Turki. Koordinasi juga dilakukan dengan Kemenlu RI untuk bersiap mengirimkan bantuan dan juga relawan," ujar Djazuli dalam keterangannya. 

Djazuli mengatakan, Turki telah berperan besar dalam membantu Indonesia ketika terjadi beberapa bencana di Tanah Air. Sebab itu selayaknya Indonesia memberikan bantuan yang saat ini diminta secara resmi oleh pemerintah Turki kepada dunia internasional. 

"Mohon doa dan dukungannya dari masyarakat. BSMI juga bergerak dengan menggalang donasi untuk membantu korban gempa Turki dan penyintas di sana. Dalam waktu dekat akan kita kirimkan baik bantuan maupun tim Relawan AJU menuju Turki," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar