Rabu, 10 Mei 2023

Pernyataan Sikap BSMI Terhadap RUU Kesehatan (Omnibus Law)

PERNYATAAN SIKAP
BULAN SABIT MERAH INDONESIA

TERHADAP RANCANGAN UNDANG UNDANG KESEHATAN

Perhimpunan Bulan Sabit Merah Indonesia sangat mendukung dan terus berpartisipasi dalam setiap usaha membangun dan memajukan masyarakat Indonesia dalam pembangunan yang 
berkesinambungan yang semakin mengokohkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, mengingat tujuan berbangsa dan bernegara yang telah disepakati para pendiri bangsa Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, serta memperhatikan dinamika yang berkembang dan keresahan di masyarakat Indonesia saat ini, terutama dikalangan masyarakat kesehatan, berkenaan dengan rencana Pemerintah untuk segera mengesahkan Rancangan Undang Undang Kesehatan (Omnibus Law), maka Perhimpunan Bulan Sabit Merah Indonesia dengan ini menyatakan sikap:

1. Mendesak Pemerintah untuk menunda pengesahan Rancangan Undang Undang Kesehatan hingga dapat menyerap masukan yang lebih komprehensif dari masyarakat secara lebih luas dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam empat konsensus bangsa dan prinsip ketahanan nasional Negara Republik Indonesia.

2. Meminta Pemerintah untuk mengakomodasi aspirasi yang berkembang di masyarakat hingga saat ini 
diantaranya masyarakat yang aktif di bidang kesehatan, melalui organisasi profesinya masing-masing, yang sesuai dengan prinsip pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pemberdayaan sumberdaya manusia Indonesia yang lebih unggul dan lebih maju.

3. Mendorong Pemerintah untuk melibatkan berbagai lapisan masyarakat secara lebih luas lagi untuk menghasilkan Rancangan Undang Undang Kesehatan yang mampu menjamin kemajuan kesehatan dan berbagai sektor pendukungnya dalam setiap tahap pembangunan nasional Indonesia.

Semoga ALLAH SWT senantiasa melimpahkan rahmatNYA kepada seluruh bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik dan mewujudkan cita-cita Negara Kesatuan Republik Indonesia yang lebih maju, kuat dan kokoh.

Jakarta, 10 Mei 2023
Dewan Pengurus Nasional Perhimpunan Bulan Sabit Merah Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar