Selasa, 07 Agustus 2018

MINIM SARANA EVAKUASI, BSMI JATIM KIRIM MOBIL EVAKUASI KE LOMBOK


MINIM SARANA EVAKUASI, BSMI JATIM KIRIM MOBIL EVAKUASI KE LOMBOK
Pasca gempa besar di Lombok (5/8/18), Pengurus Wilayah Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Jawa Timur berinisiatif mengirimkan ambulan dan mobil operasional untuk membantu melakukan evakuasi korban serta mendistribusikan bantuan.
“Berdasarkan informasi yang dikirim oleh Tim Aju yang berangkat semenjak bencana gempa pertama (1/8/18), kami mendapatkan informasi jika disana kekuarangan sarana transportasi. Akhirnya pada rapat koordinasi kemarin kita sepakat untuk mengirimkan armada transportasi baik ambulance maupun mobil operasional”, ujar dr. Puguh SN, Sp. THT selaku Sekretaris Pengwil BSMI Jawa Timur.
Tercatat sudah dua ambulance dan dua mobil operasional yang berangkat lewat jalur darat yang berangkat sejak hari senin (7/7/18). Masing-masing mobil membawa perbekalan medis untuk klinik lapangan serta logistic bantuan serta di awaki oleh empat orang relawan yang terdiri atas tenaga medis, paramedis dan relawan umum.
Selain jalur darat, BSMI jawa Timur juga mengirimkan Tim Relawan Kesehatan yang terdiri atas lima dokter dan dua perawat pada hari selasa (7/8/18) melalui bandara Juanda Surabaya. Tim ini akan bergabung dengan tim yang melalui jalur darat untuk mendirikan posko layanan kesehatan lapangan.
Perjalanan darat Tim BSMI cukup melelahkan, berangkat dari empat kota yakni Surabaya, Kediri, Blitar dan Situbondo ke empat mobil ini melakukan perjalanan nonstop menuju pelabuhan penyeberangan Ketapang Banyuwangi sebagai meeting point sebelum melanjutkan perjalanan dengan menyeberang Selat Bali dianjutkan melintasi pulau Bali dan kemudian menyeberang ke selat Lombok.
Sebelumnya (1/8/18) BSMI Jawa Timur telah mengirimkan Tim Aju dan disusul Tim Trauma Healing untuk membantu korban bencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar